Wisata Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud berada di perbatasan antara wilayah Kediri Malang dan Blitar lebih tepatnya Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri merupakan sebuah tempat wisata alam yang ada di Jawa timur, mempunyai ketinggian 1731 mdpl dan merupakan salah satu dari gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini, tercatat terakhir meletus yaitu pada tanggal 14 februari 2014.

Gunung Kelud Kediri
Gunung Kelud
Meskipun tak begitu tinggi namun pemandangan disini cukuplah indah dan bisa membuat mata kita takjub akan keindahannya, bagi yang hendak kesini jaraknya dari Kota Kediri tak begitu jauh hanya terpaut jarak kurang lebih 30 km, dan kondisi jalannya untuk ke puncak Kelud cukup bagus dan halus serta cukup lebar untuk ukuran motor dan mobil, begitupun dengan tanjakan yang biasanya ada dijalan yang menuju atau jalan sekitar pada setiap gunung kebanyakan, disini tidaklah terlalu menanjak, sungguh sebuah tempat wisata alam pegunungan yang tidak menyiksa. Dan ditambah dengan hadirnya warung-warung kecil penjual makanan dan minuman semakin membuat tempat ini nyaman untuk dikunjungi.
  • Rute atau jalur yang bisa digunakan untuk anda yang berasal dari Jombang, Mojokerto dan sekitarnya.

Ambil arah ke Pare Kediri melalui Ngoro Jombang, lalu lurus dan ikuti jalan menuju Plosoklaten, saat tiba di kantor Polsek Plosoklaten Belok kiri arah ke Wates, dipasar Wates ikuti jalan searah dan ambil kiri menuju Kecamatan Ngancar Kediri, lurus dan ikuti jalan saja anda akan segera sampai di lokasi wisata gunung kelud.

• Rute atau jalur untuk Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya.

Ambil arah ke Jombang, saat di Mojoagung (depan Polsek Mojoagung/Pasar Mojoagung) belok kiri arah ke Mojowarno, belok kanan saat tiba di depan RSK Mojowarno menuju Cukir, ikuti jalan hingga sampai di pabrik gula lalu belok kiri dan ikuti jalan menuju Ngoro, dari Ngoro ambil kanan arah ke Pare Kediri, mulai dari sini arah jalan menuju gunung kelud sama seperti petunjuk diatas.

Pada berkesempatan mencoba keindahan dan sensasi kelud, keadaan ditempat ini seusai letusan terakhir tahun 2014 kemarin membuat beberapa obyek yang cukup menarik perhatian orang hilang dan ada larangan bagi pengunjung mendekati kawah gunung, yang hilang antara lain goa untuk saluran lava pijar dari gunung yang tertutup pasir vulkanik letusan kelud.

Yang ada hingga saat ini yaitu jalan misteri, dimana ketika anda melewatinya kendaraan yang ada gunakan bisa berjalan sendiri meskipun dalam keadaan netral, namun ini hanyak berlaku jika anda menggunakan kendaraan roda empat alias mobil. Berikut penampakan dari Jalan misteri kelud.

Selama dalam perjalanan kesana anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang sangat mengesankan hati, yaitu pemandangan akan pegunungan dan bukit yang berjajar dengan pesona keindahan masing-masing, serta sepanjang jalan anda akan menjumpai perkebunan buah nanas yang berada di sebelah kanan dan kiri jalan.

Bagi anda yang membawa kendaraan roda empat anda harus berjalan kaki dua kali lipat sebab jarak antara spot foto, tempat parkir dan gunung kelud sendiri masih cukup jauh dan menanjak. Berbeda dengan sepeda motor, yang bisa dibawa hingga tempat parkir paling atas, yang boleh di lewati kendaraan. Meski begitu bagi anda yang memakai mobil anda bisa menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar tempat parkir, baik untuk keatas maupun kebawah.

Kawasan wisata ini sangat cocok bagi semua umur mulai dari anak-anak, usia muda maupun orang usia tua. Namun ini akan sangat cocok bagi anda yang berjiwa travel dan masih bersemangat bak anak muda, anda bisa berfoto selfie, yang dimulai dari tempat parkir paling bawah, hingga spot foto paling atas yang boleh di jangkau pengunjung. Saat kesini usahakan tubuh anda dalam keadaan fit karena dari tempat parkir terakhir anda harus berjalan keatas yang keadaan jalannya menanjak, dan pastikan cuacanya saat cerah.

Selamat berkunjung dan menikmati keindahan Gunung Kelud yang menakjubkan. Anda juga bisa menikmati keindahan alam Kota Batu di Gunung Paralayang Batu Malang.