Liburan Menggunakan Sepeda Motor Kenapa tidak?

Tips Menggunakan Sepeda Motor Dijalan.


    Di tahun ini liburan akhir tahun begitu panjang, nah mau kemana kalian akan pergi?.

     Kebanyakan orang mengisi liburan akhir tahun ini dengan liburan sesuai dengan tahun tahun sebelumnya, begitu pula macet yang sudah menjadi kebiasaan saat liburan panjang tiba.

      Jika teman teman ingin liburan sampai di tempat dengan cepat, pakai mobil pasti macet, kenapa tak coba pakai motor saja, nih sesejuk pagi akan membagikan tips bermotor saat liburan.

Berikut tips yang bisa anda terapkan :



1. Pastikan keadaan motor anda fit untuk perjalanan jauh.

 Disini penting karena saya sering menjumpai saat saya liburan masih ada saja motor yang mogok, tak kebayangkan jika anda cowok lalu pakai motor sport atau moge ( motor gede ), tiba tiba motor anda mogok di jalan, gak malu tu sama cewek atau istri anda motornya saja trendi bikin ngiri sana sini tapi mogokan. :-D
  Coba cek keadaan rantai, mesin, ketersediaan oli mesin, lampu lampu motor, dan alangkah baiknya jika satu minggu sebelum di pakai motor di serviskan dulu, tentu di tempat servis yang resmi munurut merk dan brand motor anda.

2. Persiapkan dengan baik kondisi tubuh anda.

  Gak lucukan jika di jalan atau sesampai lokasi liburan tiba tiba anda pingsan. :D
Jaga dan persiapkan kondisi anda sebaik mungkin, bila perlu cek kesehatan anda di puskesmas atau balai kesehatan terdekat satu hari sebelum berangkat.

3.Persiapkan dan pakailah perlengkapan safety berkendara dengan baik.

   Mulai dari helm, sarung tangan, masker, sepatu, kacamata, dan sejenisnya.
Kenapa anda harus memkai mereka?
Mau, "gak pakai helm"? yang benar saja di jalan anda takkan pernah tahu apa yang bakal terjadi di jalan, anda pasti sudah bisa menebak pemikiran saya, iya benar siapa tahu di jalan ada musibah seperti itu, tentu tak ingin diri kita kenapa kenapa.
helm untuk melindungi kepala anda dari benturan, sebaiknya anda memakai helm standar, kalau di negeri kita SNI lah istilahnya.
Sarung tangan, masker, sepatu untuk apa? ini terserah anda jika anda ingin kulit kesayangan anda tetap berwarna seperti semula, karena di jalanan itu panas, maka pakailah sarung tangan, jaket, celana panjang dan sepatu yang baik saat anda di jalan.
Masker di gunakan untuk melindungi pernafasan anda dari asap kendaraan.
Jas hujan atau mantel hujan ya di pakai saat dalam perjalanan tiba tiba hujan turun, saya takkan membahas apa akibatnya jika tak memakai jas hujan pasti teman teman sudah lebih mengetahui. :-)

4. Cek barang bawaan anda.

   Sebelum on the way coba cek semua barang bawaan anda, di sini anda tidak mudik tapi untuk liburan jadi bawalah barang barang dan persediaan yang cocok dan jumlahnya tidak berlebihan.
Saran dari saya bawalah minuman dan makanan dari rumah, tahu sendirikan di perjalanan panas pasti haus bisa bisa lapar juga, jadi bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
Untuk yang lainnya anda bisa anda siapkan sendiri, yang mau liburankan anda pasti sudah tahu donk apa yang di butuhkan nantinya dan tidak menyusahkan dalam mengendarai motor anda.
Cek semua bawaan anda sebelum berangkat agar tak ada yang tertinggal dan sia sia di rumah. :-P

5. Pastikan anda mengetahui lokasi tujuan anda.

   Ini seperti saya dan teman main saya mau liburan tapi tak tahu jalan menuju kesana, ya akhirnya gak sampai sampai tempat tujuan, muter muter tak jelas maunya kemana, jadi malu. ;-)) sampai sampai hari sudah sore.
Sudah kebayangkan capeknya di jalan muter muter, semoga kalian yang ingin liburan tak mengalami seperti saya ini, pastikan anda mengetahui lokasi dan jalur jalur menuju ke tempa tujuan anda, jangan sekali kali anda menggunakan jalan pintas yang tak benar benar anda kenal, dan pastikan bahwa jalan yang akan anda lewati nantinya bisa di lalui motor anda.

6. Tempatkan motor anda di tempat yang aman

   Jika anda sudah sampai di tempat tujuan anda, pastikan kendaraan anda aman sebelum anda tinggal, jangan sampai terjadi, mau liburan malah kehilangan motor,.
Anda bisa memparkirkan kendaraan pada tempat parkir yang baik, kebanyakan di tempat tempat wisata menjamur tempat tempat parkir liar yang tentu keamanannya di pertanyakan ( Pengalaman teman saya ).

7. Jangan lupa SIM dan STNK anda.

    Yang terakhir jangan lupa sama kelengkapan motor anda seperti SIM dan STNK.
Kebanyakan tempat parkir di tujuan wisata akan menyakan STNK ketika hendak parkir atau keluar parkir, kalau tak bawa mau di parkir dimana?, dan di jalan kalau lupa bisa bisa di tilang anda oleh pak Pol loh.

       Nah sekian tips dan saran saran dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Bagaimana munurut anda?, jika anda memiliki ide lain yang harus saya tambahkan, saya akan sangat berbahagia jika anda mau membagi ide anda kepada saya di kolom komentar di bawah ini.

Iklan Tengah Artikel 2