Cara Menanak Nasi Classic

Cara memasak nasi classic


nasi classic sesejuk-pagi.blogspot.com
Editing by sesejuk pagi

     Sesejuk Pagi - Nasi classic, ah yang benar saja, apa itu nasi classic? dan seperti apa itu wujud nasinya hussssshhhh sabar dulu.

     Nasi merupakan makanan yang berasal dari beras yang di masak hingga mengembang jadilah nasi dan makanan pokok orang orang di indonesia, kebanyakan orang pasti kompak bilang tak lengkap rasanya jika makan belum sama nasinya, begitu banyak jenis makanan yang mengatas namakan nasi, namun tahukah teman saya yang lagi baca artikel saya ini cara memasak nasi? dan bisakah anda memasak nasi? hehe :-) kayaknya pertanyaan yang agak menyinggung hati nih !, peace !.

     Jika sebelumnya saya sudah membahas resep dan cara bikin ayam kruyuk, lauknya sudah ada, tak lengkap rasanya jika belum ada teman dari sang ayam kruyuk untuk di santap yaitu nasi, iya nasi seperti yang saya jelaskan pada paragraf di atas, kali ini saya akan membagikan kepada teman teman saya yang baik hatinya tentang cara memasak nasi classic, eh nasi classic lagi, apaan sih? nasi classic itu nasi putih yang di masak di atas kompor, hehehe.     Seiring perkembangan jaman cara orang mendapat nasipun makin beragam, ada yang tak mau repot masak di rice cooker saja, ada malah gak mau di repotin sama sekali yaitu dengan cara beli di warung, waduh nyiggung lagi, maaf yah bagi yang tersinggung. :-)

Yuk langsung saja kita simak gimana caranya.

1. Ambil beras.

Takar dan timbang beras yang nantinya akan di masak, ingat setiap satu takar beras nanti akan menjadi dua kali lipat ketika sudah menjadi nasi, jadi ambillah beras secukupnya.

2. Cuci beras hingga bersih.

Masukkan beras hasil takaran tadi kedalam wadah untuk di bersihkan, bilas dengan air bersih, lalu aduk dan remas remas dengan tangan, ulangi langkah ini hingga tiga atau empat kali, hingga air buangan cucian beras bersih.

3. Letakkan beras di panci dan diamkan beberapa saat.

Ambil beras yang sudah di cuci tadi, tempatkan di panci, lalu masukkan air hingga ± 2 cm diatas permukaan beras ( kalau di kira kira sih ± 2 buku jari telunjuk ),lalu diamkan beberapa saat.

4. Lalu masak nasi di panci tadi hingga ½ masak.

Setelah ± 10 menit masak nasi di panci tadi dengan api sedang hingga ½ matang atau hingga air di dalam panci tadi menguap dan habis, aduk pelan pelan, jika sudah hilang airnya dan beras jadi agak susah di aduk ( ½ matang ), angkat panci dan diamkan lagi nasi yang masih ½ matang tersebut.

5. Panaskan panci kukus.

Panaskan panci kukus yang tentunya sudah ada airnya, jangan lupa yah !, tunggu hingga air mendidih.

6. Masukkan nasi yang ½ matang tadi ke panci kukus.

Setelah air di dalam panci kukus mendidih masukkan nasi tadi lalu tutup rapat rapat, dan tunggu hingga benar benar matang ± 30 menit.

7. Walaaaa nasi sudah matang.

Pindahkan nasi yang sudah matang ke dalam tempat nasi, orang disini bilang wakul, atau di rice warmer jika anda memilikinya, nasi pun siap di nikmati.

     Begitulah cara menanak nasi classic ala sesejuk pagi, sumber tulisan saya ini berasal dari ibu admin dan sidikit penyempurnaan dari admin.
     Bagaimana tertarik mencobanya? jika teman teman telah mencoba, sekiranya dapat membagi pengalamannya kepada saya di kolom komentar di bawah ini.

Iklan Tengah Artikel 2