Kedung Cinet Grand canyon mini Jombang

Kedung cinet mibahcom grand canyon mini
Kedung cinet

Kedung cinet adalah sebuah wisata alam yang mirip dengan grand canyon tapi versi mini, berada di desa Pojok Klitih kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang. Lokasi wisata ini sendiri ada di tengah hutan yang lumayan lebat.


Dengan keadaan yang sedemikian tentu membuat pemandangan yang ada disana sangatlah susah untuk membuat mata kita mengabaikannya, karena sangat memang indah sekali.

Sedikit cerita tentang kedung cinet, cerita yang berkembang dulu disini sering digunakan sebagai tempat mandi (pemandian) para prajurit dan dayang istana dari kerajaan Mojopahit yang terkenal. Simak candi peninggalan kerajaan ini di candi trowulan.

Air disana sangatlah jernih, jika anda berkunjung kesana anda akan mrasakan sejuknya udara karena berada sangat jauh dari keramaian, segarnya air disana, sunyi dan serasa seperti berada di grand canyon namun dalam versi mini. Daya tariknya sangat luar biasa sampai-sampai tidak pernah sepi tempat ini sekalipun bukan pada hari libur.

Lokasinya berada di tengah hutan dan terpencil bukan berarti tak dapat di jangkau, jika anda ingin kesana sebaiknya gunakannya sepeda motor, karena aksesnya hanya akan dapat dicapai dengan kendaraan roda dua saat sudah mencapai desa Klitih.

welcome to cinet adventure forest
Untuk sampai ke Kedung cinet ada beberapa jalur yang dapat ditempuh (akses), yaitu :
  • Jalur Jombang Ploso

Untuk kesana dari arah Kota Jombang, anda ambil arah ke Ploso, anda akan melewati kecamatan Tembelang, tetap lurus dan ikuti jalan sampai ada jembatan sungai brantas, ketika sampai diujung jembatan belok kiri arah ke Plandaan/Nganjuk/Kertosono. Telusuri jalan yang berdampingan dengan sungai brantas ini lurus sampai anda menemukan Polsek Plandaan lalu belok kiri ke arah Plandaan, lurus saja mengikuti jalan sampai anda masuk ke desa Klitih, jalan disini sudah mulai tidak bersahabat selain tidak beraspal dan berongga, juga banyak batu dan licin karena lumpur. tetap ikuti jalan dan penanda jalan arah kedung cinet sampai mulai masuk ke dalam hutan, di sana anda akan disambut oleh papan kayu bertuliskan welcome to Cinet adventure forest, lurus hingga anda menemukan sungai dimana tujuan anda berada, lokasinya ada disebelah kiri.
  • Jalur Mojokerto Ploso

Untuk kesana dari arah Mojokerto, ambil jalan arah ke Ploso melalui jalur kecamatan Gedeg dan menyusuri sisi utara dari sungai Brantas, lurus saja sampai anda menemukan jembatan Ploso sungai Brantas di sisi kiri yang ada di jalur Jombang Ploso diatas, sampai disini lurus ke arah Plandaan dan jangan belok kiri nanti kembali ke Jombang. Selanjutnya ikuti jalan itu seperti jalur yang ada di atas. Jika anda datang dari arah ini anda akan melihat banyak tambangan untuk menyebrangi sungai Brantas.

Selain itu dapat juga di akases dari Nganjuk atau Kertosono dan Ploso atau Babat yaitu ambil arah ke Jombang (Plandaan).
Kedung cinet 1Kedung cinet 2


Vitha dan kedung cinet 2Kedung cinet 3
Vitha dan kedung cinet




Itulah tempat wisata alam yang sangat indah bak grand canyon namun versi mini yang ada di Jombang, inilah Kedung cinet.

Iklan Tengah Artikel 2