Candi Candi di Trowulan Mojokerto Jawa Timur

Candi candi di Trowulan Mojokerto Jawa timur - Candi yaitu sebuah bangunan suci yang di gunakan untuk prosesi keagamanan umat tertentu dahulu, berbicara tentang Trowulan, pasti tak pernah lepas dari kata Mojopahit, yah sebuah kerajaan besar yang berhasil menyatukan nusantara melebihi kerajaan sebelumnya yaitu Sriwijaya, tapi bukan Sriwijaya F.C ya!, itu nama klub sepak bola.

Sebagai lokasi yang di yakini hampir semua orang sebagai pusatnya kerajaan Mojopahit, sudah pasti di Trowulan ini terdapat banyak bangunan yang di sebut dengan candi, apa saja candi yang ada di Trowulan Mojokerto, berikut akan saya sebutkan satu persatu yang saya ketahui :

1. Candi Brahu.

Candi Brahu
Candi Brahu
Terletak di desa Bejijong, kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini merupakan candi yang paling utuh di Trowulan sampai saat ini, candi brahu ini di bangun dengan menumpuk batu bata sehingga membentuk sebuah bangunan, dengan lebar ± 18 meter dan panjang ± 22.5 meter menghadap ke arah barat.

Untuk akses ke candi ini cukup mudah, karena terletak tak jauh dari jalan raya utama Surabaya Ponorogo, dari arah surabaya ketika anda sudah sampai di perempatan lampu merah Trowulan, belok kanan lurus ± 1 km ada pertigaan di sisi kiri jalan, lalu belok kiri lurus, sudah ketemu candi Brahu.

2. Candi Bajang ratu

Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu
Berlokasi di desa Temon Kecamatan Trowulan, candi ini lebih mirip gapura namun masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya candi, berdiri setinggi ± 16.5 meter, lebar lorong pintu ± 1.5 meter.

Untuk menuju candi ini, jika arah surabaya ketika sudah berada di perempatan lampu merah Trowulan, belok kiri, lalu lurus sampai menemukan perempatan pertama belok kiri, lalu lurus. Candi ini berada di sisi kiri jalan, dalam perjalanan sebelum sampai ke candi Bajang ratu ini anda akan menjumpai kolam besar di sisi kiri jalan, namanya kolam segaran, serta musium Trowulan di sisi kanan jalan.

3. Candi Gentong.

Candi Gentong
Candi Gentong

Candi ini berlokasi di dekat candi Brahu, di desa bejijong, namun untuk saat ini anda hanya akan menemukan bekas tumpukkan candi, karena sekarang candi ini hampir rata dengan tanah. Untuk mengakses ke candi ini rutenya sama dengan rute ke arah ke candi Brahu yaitu dari arah surabaya perempatan lampu merah belok kanan lalu di pertigaan belok kiri, letaknya disisi kanan jalan, sebelum candi Brahu.

4. Candi Tikus.

Candi Tikus
Candi Tikus
Bangunannya menyerupai kolam air dengan miniatur candi di tengahnya, berlokasi di desa Temon kecamatan Trowulan, candi ini letaknya tak jauh dari candi Bajang ratu, jika anda ingin berkunjung ke candi ini, anda hanya perlu lurus terus mengikuti jalan dari candi Bajang ratu, dan berada di sisi kiri jalan.

Jangan lupa untuk melihat foto gunung kelud dan sekitarnya, nah itulah Candi Candi di Trowulan Mojokerto Jawa Timur yang saya ketahui dan bisa bagikan kepada anda semua, tertarik untuk berkunjung, tarif masuknya murah kok cuma seharga parkir sepeda motor saja.

Iklan Tengah Artikel 2