Kuliah sambil kerja, kenapa tidak?

Kuliah sambil kerja
Kuliah atau kerja ya? 

Saat-saat sekolah memang indah tapi saat sudah beranjak mau lulus, permasalahan baru muncul. Setelah lulus SMA mau ngapain ya, kerja atu kuliah atau mungkin kerja sambil kuliah?. Kerja nanti banyak uang tapi sedikit waktu untuk belajar dan istirahat, kuliah tapi setelah lulus belum tentu bisa dapat kerja?.

Ketika teman-teman memutuskan untuk kuliah sambil kerja, terkadang ada resiko besar yang siap-siap teman-teman tanggung, yaitu tidak bisa membagi waktu, kapan belajar? kapan waktu untuk istirahat? . Di Indonesia, ada beberapa universitas yang jadwal kuliahnya memungkinkan kita untuk kuliah sambil kerja. Di luar negeri pun, misalnya di Australia, Inggris, Selandia Baru, kita bisa kuliah sambil kerja sampai 20jam/minggu. Kalau memang mau kuliah sambil kerja.

Baca cara memilih tempat kuliah universitas yang tepat.

Ada beberapa tips buat kamu semua biar bisa fokus kuliah :
  1. Manfaatkan akhir pekan atau waktu di luar jam kerja untuk mempelajari materi kuliah.
  2. Gunakan waktu luang sepulang/sebelum kerja untuk belajar.
  3. Saat tugas kantor sedang banyak dan urusan kuliah tak bisa ditinggal, coba negosiasi dengan atasan/bos.
  4. Bijak membagi waktu. Di saat ada tugas berat baik tugas kuliah maupun kerjaan, kamu bisa cicil duluan.
  5. Jalin hubungan yang baik dengan teman kuliah untuk teman belajar.
  6. Ketika kuliah dan kerja sama-sama sedang senggang, manfaatkan untuk refreshing. Ini adalah masa untuk istirahat sejenak sambil menyegarkan tubuh.

Nah itu adalah tips supaya bisa kuliah sambil bekerja. Jadi jangan takut kuliah sambil kerja. Di setiap ada keinginan pasti ada jalan. Kamu pasti bisa !

Iklan Tengah Artikel 2