Yang harus di perhatikan untuk memasuki dunia kerja

Yang harus di perhatikan untuk memasuki dunia kerja

Bekerja merupakan kebutuhan, karena dengan bekerja manusia berharap akan di bawa kepada keadaan yang lebih baik dan lebih memuaskan dirinya. Pekerjaan merupakan sumber penghasilan dan kesempatan untuk mengembangkan diri, sebagai suatu kesempatan maka pekerjaan itu alangkah baiknya tak di sia siakan dan harus di manfaatkan dengan sebaik mungkin, betul gak sahabat sesejuk pagi?, karena tidak semua semua dari kita yang bisa mendapat pekerjaan yang baik.
gambar cari kerja
image by williamlautama
     Berikut tahapan yang harus di lakui untuk bisa memasuki dunia kerja :
  • Agar cepat dapat pekerjaan.

  1. Daftarkan diri anda ke depnaker atau bursa kerja sebagai calon pencari kerja.
  2. Bergaul dengan orang yang sudah bekerja, dengan tujuan mendapat informasi lowongan pekerjaan dari tempat ia bekerja.
  3. Rajinlah mengunjungi pusat perkantoran dan tempat pameran bursa kerja.
  4. Sering baca koran atau majalah yang memuat lowongan kerja.
  • Persiapkan berkas berkas yang di minta.

Jika anda telah mendapat panggilan kerja, maka siapkan persyaratannya, pada umumnya persyaratan yang di minta adalah fotokopi ijazah, fotokopi KTP, surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK yang masih berlaku, pas foto 3x4 atau 4x6, daftar riwayat hidup dan surat lamaran pekerjaan. Pastikan semua itu lengkap sebelum anda berangkat ke tempat interview, sangat tidak lucu jika sampai di sana ketika para wakil perusahaan menanyakan kelengkapan berkas anda, mereka menemukan ada yang kurang, bagaimana bisa bekerja jika teledor begini, itulah kesan yang mereka tangkap saat itu terjadi.
  • Ikutilah seleksi dengan baik.

Tentu setiap perusahaan menginginkan yang terbaik untuk mengisi di setiap posisi perusahaan, anda harus bisa menunjukan kalau anda orang tepat yang harus mereka pilih, untuk jangan ragu promosikan kemampuan yang anda miliki. Biasanya seleksi ini berisi :
  1. Seleksi administrasi ( seleksi berkas berkas anda ).
  2. Seleksi akademis ( tes kemampuan akademik anda ).
  3. Seleksi psikotis ( tes seberapa kuat mental anda ).
  4. Seleksi wawancara.
  5. Seleksi kesehatan.
Sekian yang bisa saya share tentang hal yang harus di perhatikan untuk memasuki dunia kerja, jangan lupa untuk membaca cara memilih universitas yang tepat, semoga bermanfaat.

Iklan Tengah Artikel 2