Melamar Pekerjaan Dengan E-Mail yang baik

Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang dengan sangat pesat, banyak manfaat yang bisa didapat darinya, dan salah satunya yaitu soal pekerjaan, lebih tepatnya bisa melamar pekerjaan melalui email, yang merupakan salah satu produk dari majunya perkembangan teknologi saat ini.

Melamar Pekerjaan Dengan Email
Dengan begini proses melamar pekerjaan yang panjang dan lama karena harus mendatangi perusahaan atau jobfair akan terasa lebih cepat dan murah juga efesien, untuk dapat melamar pekerjaan dengan baik melalui media email ada beberapa hal berikut yang harus anda perhatikan.

1. Nama dan alamat email yang jelas.

Email yang baik yaitu menggunakan nama yang jelas dan tidak aneh, akan lebih baik lagi jika nama dan alamat email itu dari nama lengkap anda sehingga mereka yang membaca email lamaran anda akan merasa yakin bahwa anda adalah orang yang serius dan bukan iseng, nama dan alamat email akan mencerminkan diri anda. Contoh email yang baik seperti ini Paijo Supriman (Asumsikan itu nama anda), maka alamat email yang bagus yaitu paijo.supriman@email.com.

2. Gunakan provider email yang umum.


Gunakanlah penyedia email yang umum dan banyak dipakai banyak orang, hal ini agar orang dari bagian HRD perusahaan yang membaca email anda lebih femiliar dan tidak dianggap email spam, contoh provider yang sangat umum dan dipakai orang antara lain gmail, yahoomail dan masih banyak lagi. Baca cara membuat email google.

3. Tulislah lamaran pada badan email.


Menuliskan lamaran anda pada badan email akan membuat tujuan dan maksud anda semakin jelas dan tidak membingungkan penerima email, takutnya jika anda tidak menuliskan lamaran pada badan email dan hanya melampirkan dalam bentuk file, email anda akan diabaikan oleh HRD.

4. Susunlah dokumen lamaranmu dengan baik.


Sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan melalui email persiapkan semua dokumen dan pastikan semua berkas telah lengkap semua mulai dari data diri, daftar riwayat hidup, foto diri dan sebagainya.

5. File tambahan memperjelas siapa diri anda.


Jika anda mempunyai portofolio dan sertifikat yang berhubungan dengan pekerjaan yang hendak anda lamar nantinya, maka lampirkan juga dalam bentuk softfile susun bersama dengan file lamaran kerja sebelumnya.

6. Kompres seluruh file pendukung lamaran kerja anda.


Hal terakhir yang harus anda perhatikan yaitu ukuran file, jika terlalu besar takutnya nanti membuat file itu susah di upload maupun di download oleh penerima lamaran, untuk itu satukan file anda dan kompres sehingga menjadi satu file berformat rar atau zip, dan ukurannya pasti lebih kecil.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melamar pekerjaan dengan email agar lamaran anda tidak diacuhkan, semoga mendapatkan panggilan untuk interview, simak artikel berikut yang berisi pertanyaan yang biasa diajukan saat wawancara kerja.

Iklan Tengah Artikel 2