Coban Air terjun Watu Ondo Cangar

air terjun coban watu ondoCoban atau air terjun watu ondo yang terletak di Cangar, sebuah kawasan wisata yang berada pada perbatasan antara kabupaten Malang dan Mojokerto.

Masih dalam lingkungan hutan lindung Raden Soeryo, untuk suasana sudah dipastikan sangat sejuk karena berada ditengah hutan yang belum terlalu dijamah orang dan bukan lagi sejuk bahkan lebih dingin udaranya disana.

Nama Watu Ondo diambil karena sepanjang jalan turunan menuju sumber air terjun ini sudah berupa anak tangga yang terbuat dari susunan batu-batu yang dalam bahasa jawa disebut ondo. Atau juga disebut Coban Kembar karena di lokasi ini terdapat dua air terjun yang saling berhadapan namun dengan ketinggian yang berbeda. Disebelah kanan ketinggian air mencapai 15 m dengan karakteristik air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, sedangkan di sebelah kiri mencapai ketinggian ± 69 m dengan karakteristrik air terjun yang langsung jatuh je bawah. Kedua air terjun ini berasal dari sumber mata air yang berbeda. Dan selanjutnya alirannya bertemu di satu telaga kecil dan cukup dangkal.

Pada air terjun sebelah kiri, tepat di bawah jatuhnya air tersedia sebuah kolam yang dapat digunakan untuk bermain air atau mandi. Sementara tepat diantara kedua air terjun terdapat dua buah goa, dimana warga menyebutnya sebagai Goa Jepang, konon di tempat ini di jaman perang kemerdekaan digunakan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan dan persembunyian tentara jepang. Sayangnya kedua buah gua ini tertutup oleh rimbunnya rumput liar.

Untuk mencapai air terjun ini ada 2 cara yaitu lewat Malang (Batu) dan lewat Mojokerto (Pacet).
Mojokerto.
Dari pacet ambil arah ke Batu (Malang), dan ikuti jalan tersebut sampai Anda menemui papan nama Air terjun watu ondo disisi kiri jalan. Jika dari Pacet Anda akan menemui area perkemahan, dan jalannya menjak terus.

Malang.
Dari Kota wisata Batu ambil arah ke Selecta atau arah ke desa Bumiaji, ketika sampai pertigaan selecta jalan lurus terus arah ke Cangar, setelah masuk di Tahura (taman hutan rakyat) atau hutan lindung Raden Soeryo, jalan akan turun terus dan berkelok tajam, lokasi dari situ sudah dekat, lurus saja terus hingga menemui dua jembatan kembar lihat disisi kanan jalan sudah ada tanda Air terjun watu ondo. Jika dari Malang Anda akan menemui kawasan wisata pemandian Selecta, kebun wisata petik apel, kawasan kebun sayur di sisi kanan dan kiri.

Di area watu ondo tidak ada penjual jajan dan makanan, kecuali di dekat jembatan kembar cangar yang tak jauh dari pintu masuk air terjun ini.

Berikut ini foto-foto air terjun watu ondo.

watu ondo dari kejauhan

watu ondo air terjun kedua

watu ondo air terjunnya

Itulah foto Coban Air terjun Watu Ondo Cangar Wisata alternatif di Mojokerto yaitu wisata budaya di Candi di Trowulan Mojokerto