Pantai Balekambang Malang Mempesona

Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang

sudah pernah mendengar namanya, ini adalah salah satu pantai dari beberapa pantai yang ada di Malang yang bisa anda kunjungi jika sedang berliburan di kota apel ini.

Terletak di pesisir selatan pulau jawa yang menjadikan pantai ini mempunyai arus laut dan ombak yang cukup besar dan deras meskipun dangkal, dan mempunyai garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 2 km, untuk pasirnya terdiri dari pasir berwarna putih dan coklat terang. Pantai ini berada di wilayah desa Srigoco kecamatan Bantur berjarak kurang lebih 40 km dari kota Kepanjen dan 65 km dari kota Malang, jadi untuk mencapai lokasinya memerlukan waktu dan tenaga lebih, tapi ketika sudah sampai disana anda akan terpuaskan oleh keindahan pemandangan yang ada.

Selain keindahan pemandangan dan suasana yang membuat hati tenang, anda juga dapat menikmati dan melihat upacara suroan waktu bulan suro dan upacara jalani dhipuja (Upacara melarung persembahan ke laut sebagai rasa syukur kepada tuhan) saat 3 hari menjelang hari raya Nyepi, saat itulah inilah pantai ini akan sangat ramai oleh pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Di Jombang juga ada perayaan Pesta makan durian gratis.

Seperti halnya pantai-pantai lain disini juga menawarkan pesona matahari tenggelam yang sangat indah, ketika tenggelam anda akan dapat melihat langit senja yang berwarna jingga bersambung dengan birunya pantai dibawahnya.

Di balekambang sendiri terdapat 3 pantai kecil, yaitu pulau ismoyo, pulau anoman, dan pulau wisanggeni. dimana ketiganya disambungkan oleh jembatan. Ketika berkunjung kesana anda akan terasa berada di Bali, hal ini wajar karena disini anda akan melihat pura yang ada di pulau ismoyo yang mirip dengan pura yang ada di Tanah Lot Bali, pura ini bernama Amerta Jati dan di bangun pada tahun 1985 mengikuti desain pura tanah Lot Bali.
pura amerta jati pantai balekambang
Fasilitas disini bisa dibilang cukup komplit meskipun terpencil mulai dari toko souvenir berupa baju dan sebagainya, juga warung-warung makan yang menjamur dan berderet seperti yang ada di wisata air terjun Coban Rondo anda patut coba kesana juga.

Bagaimana tertarik datang dan berkunjung ke Pantai Balekambang, ada dua rute untuk bisa sampai kesini.
  • Pertama melalui jalur Malang Kepanjen, dimana anda akan menuju arah ke Gondanglegi lalu di pertigaan terakhir sebelum sampai pasar Gondanglegi belok kanan ambil arah ke Bantur, ikuti jalan sampai tiba di desa Srigoco, dari sini lokasi sudah dekat, tinggal ikuti jalannya saja ke arah pantai Balekambang.
  • Kedua melalui jalur Malang Bululawang, dimana anda menuju ke arah Gadang (pasar induk) dan lurus ikuti jalan arah ke Bululawang, dari bululawang tetap lurus ke arah Gondanglegi, saat sampai pasar gondang legi belok kanan dan di pertigaan pertama belok kiri ke arah Bantur, dan ikuti jalur itu seperti jalur pertama diatas.
Keadaan jalan saat sudah mendekati pantai memang sedikit ekstrim, akan banyak tanjakan dan turunan, serta jalan tikungan yang tajam, disana juga anda akan menemui hutan.
bibir pantai balekambang

bibir pantai 2 balekambang

Itulah Pantai Balekambang Malang yang mempesona.