Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas

Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas

Brantas merupakan salah satu sungai terpanjang di indonesia, terutama di pulau jawa, menempati peringkat kedua setelah sungai Bengawan solo, sungai ini juga lebar dan besar sebanding dengan panjangnya yang mencapai ± 525 km dari Malang hingga Mojokerto.

Keadaan daerah di sekitar sungai ini bisa di bilang kurang bersahabat, dengan terik matahari yang sangat panas dan letak jembatan penyeberangan ke sisi lain yang jauh semakin menambah susahnya akses ke daerah yang jauh dari jembatan penyeberengan karena harus memutar jauh, terutama di daerah jombang.

Baca juga Liburan menggunakan sepeda motor.


Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas

Sebelumnya saya sudah memposting tentang daftar candi yang ada di Trowulan Mojokerto peninggalan kerajaan majapahit, yang sangat sayang untuk di lewatkan.

Memang jembatan penyeberangan yang ada di sepanjang sungai Brantas sangat minim dan jauh, tapi masih ada akses ke daerah yang jauh dari jembatan, salah satunya di Kecamatan Kesamben Jombang, banyak sungai menyediakan jasa penyeberangan, namun di kesamben ini lah yang sudah saya coba dan berhasil mendokumentasikannya.

Jasa penyeberangan sungai dengan kapal ini paling populer di sembut tambangan atau penambangan, menggunakan kapal kecil tapi mampu menampung lebih dari 10 buah sepeda motor beserta orang yang mengendarainya, di Kesamben ini yang saya kebetulan saya coba, ada tiga pilihan tambangan, namun yang paling populer adalah yang tengah terlihat dari banyaknya orang yang di angkut dan mengantri, otomatis intensitas penyeberangan yang paling sering.

Jika anda ingin melihat dokumentasi saya tentang penyeberangan ini, ada di dalam video berikut.

Penambangan Kesamben ini menghubungkan antara Kesamben dan Kecamatan Keboan, cukup dengan uang Rp. 1.000,- kita sudah bisa menggunakan jasa mereka, namun sering sekali mereka rela tak di bayar, jika yang menyeberang itu anak memakai seragam sekolah dan guru.

Nah itulah sobat yang bisa saya bagikan tentang Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas, semoga bermanfaat sobat. NB : videonya Menyeberang Ke sisi lain sungai Brantas memakai nokia 2700c, maaf jika mengecewakan.

Iklan Tengah Artikel 2