Air Terjun Watu Lumpang Cangar

Air terjun watu Lumpang
Air terjun watu lumpang

Air terjun watu lumpang ini berada di kawasan taman hutan rakyat (Tahura) Raden Soeryo, Cangar perbatasan antara Mojokerto dan Kota Batu Malang, terletak di bawah lereng gunung welirang yang tak jauh dari gunung arjuno.

Air terjun ini merupakan air terjun yang masih baru dibuka, sekitar tahun 2014 kemarin. Tak banyak yang bisa diketahui tentang coban baru ini, selain terletak pas ditengah hutan yang sangat sejuk, selain itu ada juga air terjun watu ondo yang sangat dekat sekali dengan coban watu lumpang ini kira-kira berjarak 500 meter setelahnya jika dari arah Mojokerto.

Untuk mencapai air terjun ini sangatlah mudah sekali hanya saja jalannya yang berliku dan naik turun yang bisa dibilang sangat curam bagi orang yang tidak terbiasa melewati jalur di jalan di pegunungan, tapi untuk kualitas jalan bisa dibilang sangat baik.

Di Malang khusunya pujon juga ada air terjun namanya Coban rondo, sudah pernah kesini belum?

Arah yang bisa di pakai guna mencapai coban watu lumpang ada dua yaitu melalui Pacet Mojokerto atau Melalui Kota Batu Malang.

• Akses dari Mojokerto.
Ambil arah ke Pacet, Lalu di Pacet ambil arah ke Batu yaitu lewat cangar atau belok kanan lalu belok kiri dan menuruni jalan, setelah melewati kali Kromong tetap ikuti jalan menanjak sampai memasuki kwasan Tahura, saat anda menemui jalan belokan tajam dan naik ke kiri berarti coban sudah lumayan dekat, nikmati perjalan anda dari sini karena pemandangan hutan dan pegunungan sangat mempesona, lurus ikuti jalan dan liat kanan jalan akan ada penanda jalan Obyek wisata Alam (OWA) air terjun watu lumpang, Anda sudah sampai di tujuan anda.

• Akses dari Kota Batu Malang.
Ambil arah ke Cangar yaitu dari perempatan BCA batu belok kiri jika dari arah kantor walikota Batu yang baru, lurus dan jalan disini mulai menanjak hingga melewati wisata Selecta, desa Bumiaji dan mulai masuk kawasan Tahura R. Soeryo, setalh melewati tahura jalan akan mulai menurun tajam, anda akan melewati jembatan di Cangar, coba lihat pemandangan yang ada sangatlah indah, dan disisi kanan anda ada coban watu ondo. Tetap lurus kurang lebih 500 meter lagi sesaat lagi anda akan mencapi tujuan, liat sebelah kiri anda akan ada penanda obyek wisata alam (OWA) air terjun watu lumpang.

Air terjun Watu Lumpang

Untuk tiket masuk hanya akan dikenakan tarif Rp.5.000,- saja. Kekurangan dari wisata ini hanya tidak adanya tempat dan penjual makanan, meski sudah memiliki tempat parkir. Jadi kalau mau kesini siapkan jajan mulai dari rumah saja.

Itulah sekian tentang Air terjun watu lumpang, semoga bisa membantu anda yang hendak kesana, jika sudah kesana tak ada salahnya mampir ke Coban sebelahnya atau ke kota Batu di Paralayang.