Gua Sigolo Golo Wonosalam Jombang Jawa Timur

Gua sigolo golo siapa yang tahu akan salah satu tempat wisata di Jombang ini, khususnya warga Jombang sendiri. Jika Mojokerto punya Pacet dengan berbagai tempat wisata alamnya, dan Malang yang diwakili Batu dengan segudang tempat wisata.

gua sigolo-golo
Jangan salah Jombang juga punya wilayah dimana terdapat banyak wisata alamnya yaitu Wonosalam. Mulai dari agenda tahunan seperti Pesta KenDuren gratis makan durian, sampai goa sigolo-golo.

Untuk gua sigolo-golo atau lebih suka menyebutnya goa golo-golo buat orang asli Jombang, merupakan goa alam yang terletak di dusun Kraten desa Panglungan kecamatan Wonosalam.

Untuk akses ke lokasi ini sangatlah mudah, bisa ditempuh dengan 2 jalur utama, yaitu dari arah Jombang atau dari arah Mojokerto, baik keduanya sama-sama mempunyai jalan dengan aspal yang baik.

Jika dari arah jombang, Ambil arah ke Wonosalam lurus ikuti saja jalan sampai menemukan desa Panglungan, setelah desa tersebut lokasi pintu masuk kawasan wisata goa sudah dekat, dan nanti berada disisi kanan jalan. Lewat Jombang jalannya menantang karena berkelok tajam.

Jika dari arah Mojokerto, ambil jalan ke kecamatan Kutorejo, dan lurus arah ke Wonosalam, sampai Anda menemukan plakat Wisata goa golo-golo, disisi kiri jalan. Lewat Mojokerto terasa sangat cepat dan tak begitu berkelok.
peta denah lokasi goa sigolo-golo

Biasanya yang datang kesini selalu membawa pasangan mereka, selain sejuk juga adanya pemandangan dan suasana yang bagus disana. Tiket masuknya hanya Rp. 5000,- untuk 2 orang ketika terakhir kali saya kesana yaitu tahun baru 2015 kemarin dan parkirnya hanya Rp.5000,-.
Loket tiket sigolo-golo
Sebelum anda ke tempat ini dan berniat masuk ke goa lebih baik persiapkan fisik anda sebaik-baiknya, karena untuk mencapai goa anda harus jalan turun menyusuri jalan dari anak tangga yang tersusun dari tanah yang di dibentuk dengan pagar bambu dan kayu lainnya setelah melewati loket pembayaran sampai menemukan sungai boro.

Sungai boro goa sigolo-golo jombang

Sekarang susuri sungai itu dan lihat ke arah bukit didepan jalan turun yang anda gunakan, bila anda beruntung anda akan dapat menemukan goannya, dan berkesempatan memasukinya. Untuk turun itu hal yang saya kira mudah, sekarang naiknya yang akan terasa "ngos-ngosan".

Selain goa, di kawasan sigolo-golo juga ada bulu view, yaitu tempat bagi yang suka selfie, atau mengabadikan momen dalam jepretan kamera maupun hanya sekedar melihat-lihat saja, disini anda akan melihat gunung kukus dan jika menengok ke bawah akan terlihat sungai boro, disini (bulu view) juga ada warung-warung kecil.

Berikut dokumentasi foto laiinya di bulu view.
Bulu view Sigolo-golo

dari bulu view

Itulah akhir dokumentasi tentang Sigolo-golo gua dari Wonosalam Jombang, jangan lupa mampir ke candi Trowulan Mojokerto.